Tuesday, May 5, 2015

Setelah 80 Tahun Menghilang Akhirnya Uang Pertama Australia Di temukan

Perpustakaan nasional Australia menemukan kembali duit kertas mula-mula negara itu yg diduga hilang sejak 80 thn silam. Nyatanya duit itu ditemukan di dalam arsip perpustakaan nasional di ibu kota Canberra.  tabita skin care

Duit kertas dgn No. seri P000001 yakni duit kertas mula-mula yg memanfaatkan lambang negeri Australia - The Australian Coat of Arms. Walau jadi benda mutlak bagi histori Australia, tetapi duit kertas ini ditemukan dengan cara tak sengaja.

Penemuan itu berawal dari kehadiran satu orang bakul koin, yg hendak jual koleksi duit koin mula-mula Australia senilai 10 shilling itu ke perpustakaan. Bakul koin ini mengingatkan mereka bahwa beliau menduga duit kertas perdana Australia ada di dalam koleksi perpustakaan nasional.

Keterangan ini seterusnya memicu pencarian besar-besaran di gudang arsip Perpustakaan Nasional.

"Jumlah koleksi naskah di gudang kita setidaknya mencapai 12.000 item koleksi & sekian banyak dari koleksi itu diletakan di dalam satu kotak tersendiri. Sementara koleksi yang lain ada yg disimpan di dalam beberapa ratus kotak atau bahkan seribuan benda," kata kurator Kylie Scroope.

"Lokasi mula-mula yg kami cari yaitu di dokumen pribadi mantan Pertama Menteri Andrew Fisher," jelasnya.

"Kami tahu PM Fisher mempunyai keterkaitan bersama pengadaan mata duit ini & selanjutnya pun pencetakannya," ucap Kylie.

Namun nyata-nyatanya pencarian di koleksi Fisher tak menghasilkan hasil, maka pencarian diperluas ke seluruh koleksi naskah yang lain.

"Pencarian dilakukan dgn memakai katalog perpustakaan buat mencari koleksi apapun yg mempunyai deskripsi yg mempunyai referensi kepada duit kertas tersebut," tambah Kylie.

& hasilnya duit kertas mula-mula Australia itu sukses ditemukan di dalam koleksi yg menyatakan menaruh spesimen duit kertas.

"Pemahaman aku, duit kertas itu telah diedarkan, & mereka memproduksi spesimen juga sebagai sample penting dari duit kertas mula-mula tersebut," tuturnya.

"Tapi catatan Fisher sebenarnya bukan spesimen duit kertas & Fisher tak memberikan catatan jikalau itu ialah duit kertas mula-mula Australia di dalam deskripsi katalog tersebut," paparnya.

Rancangan sederhana

Scroope menyampaikan design duit kertas perdana Australia itu pass sederhana. "Uang kertas itu bertuliskan kata-kata duit kertas 1 poundsterling Persemakmuran Australia," menurutnya.

"Salah satu elemen yg aneh terhadap duit kertas itu ialah adanya keterangan bila si pembawa duit sanggup ganti duit itu dgn satu pon emas di Departemen Keuangan," paparnya.

Scroope mengemukakan buat sementara ini nilai dari duit kertas mula-mula Australia itu tak didapati, namun menurut dirinya nilainya tak kurang dari 1 juta dollar.

"Berdasarkan penjualan item sebanding dgn kelangkaan yg sama & asalnya pula usianya, kami menginginkan duit kertas itu nilainya bakal mencapai lebih dari 1 juta dollar." ucap beliau.

Duit kertas satu pound itu diajukan ke PM Andrew Fischer oleh Departemen Keuangan kepada thn 1913. &, PM Fischer menyimpannya sampai 1927, dikala dirinya menyerahkannya kekuasaannya terhadap Mula-mula Menteri Stanley Bruce, utk disumbangkan ke Perpustakaan Parlemen.

"Perpustakaan Parlemen & Perpustakaan Nasional selanjutnya digabungkan," kata Scroope.

Biarpun duit kertas itu sudah disumbangkan ke Arsip Nasional Australia, keberadaan duit kertas perdana Australia itu tak tidak sedikit didapati sampai 80 thn seterusnya.

Tetapi Scroope mengemukakan seorang tentu sudah menemukan duit kertas itu di arsip perpustakaan nasional & menempatkannya ke dalam kotak daya simpan dalam kurun ketika 30 thn terakhir.

Duit kertas mula-mula Australia itu menurut gagasan bakal ditunjukkan ke publik di perpustakaan nasional mulai sejak minggu depan.

No comments:

Post a Comment